Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

Ya, kerajinan yang satu ini memang terbuat dari koran bekas. Seorang anak muda yang sangat kreatif bernama Mafaza Alfia Frida dalam blognya http://mafazaalfiafirda.blogspot.com menulis bagaimana ia membuat kerajinan ini hanya sekedar untuk mengisi waktu luang. Berkat bimbingan gurunya di sekolah, sekarang Mafaza dapat membuat kerajinan sendiri yang menggunakan barang bekas.

Mafaza mempunyai tujuan mulia dengan kerajinan ini. “Tujuan saya membuat kerajinan dari barang bekas adalah untuk mengurangi barang – barang yang berada di rumah saya” tulisnya.

Cara membuat kerajinan ini menurut Mafaza adalah sebagai berikut:

  1. Potong selembar koran menjadi beberapa bagian, kemudian gulung kertas tersebut sebesar lidi. Lem agar melekat. Buatlah gulungan kertas koran sebanyak mungkin.
  2. Anyam gulungan – gulungan kertas tersebut sesuai pola yang diinginkan.
  3. Untuk menyambung dari 1 gulungan ke gulungan lain, sebaiknya kalian memakai lem kayu, agar tidak mudah lepas.
  4. Setelah selesai menganyam kertas gulungan tersebut, beri warna menggunakan cat, agar lebih terlihat menarik.

Apabila anda tertarik untuk mencoba, berlatih atau ingin membeli produk hasil kerajinan Mafaz silahkan datang langsung ker rumahnya di:

Jl. Tidar no. 175 Griya Sragi Indah, Kec. Sragi – Kab. Pekalongan,
Jawa Tengah – Indonesia. Kode pos : 51155

 

About Arief Rustandi

Sarjana Ilmu Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Bandung. Memiliki minat pada dunia jurnalistik, lingkungan hidup, pendidikan serta olahraga. Arief juga aktif sebagai Associate Researcher di ECOTAS GROUP Indonesia.

One Response to Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

  1. Mafaza Alfia Firda November 17, 2013 at 5:23 pm #

    i like it…

    makasih yaa ^,^

Leave a Reply