Kerusakan PLTN Fukushima Meluas!

Pada Selasa, 15 Maret 2011 CNN melaporkan sebuah “ledakan eksplosif” mengguncang reaktor nuklir No.2 – yang merupakan ledakan ketiga di instalasi nuklir Fukushima, Jepang dalam empat hari terakhir. Ledakan tersebut menyebabkan kerusakan kolam pendingin/peredam (suppression pool).

Pada hari yang sama Angkatan Laut AS mulai mereposisi kapal dan pesawat mereka setelah mendeteksi rendahnya tingkat “radioaktivitas udara” di kawasan itu. Sebelumnya, tiga orang di U.S.S. Ronald Reagen dites positif terkena radiasi tingkat rendah.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Jepang Yukio Edano menyatakan dia tidak bisa mengesampingkan kemungkinan mencairnya ketiga reaktor nuklir tersebut. Edano mengatakan tingkat radiasi di PLTN telah meningkat menjadi “tingkat yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia”, dan memperingatkan orang yang tinggal dalam radius 20 dan 30 kilometer dari instalasi nuklir tersebut untuk tetap di dalam ruangan. Hampir semua staf PLTN Fukushima, sekitar 800 orang, telah dievakuasi dari tempat kejadian. Pihak operator hanya menyisakan 50 orang staff untuk melakukan operasi darurat.

Pukul 08.54 hari yang sama CNN melaporkan telah terjadi semburan api dalam kolam pendingin yang digunakan untuk bahan bakar nuklir di reaktor No.4 – yang telah ditutup sebelum gempa pada hari Jumat minggu lalu. Perdana Menteri Jepang Naoto Kan memperingatkan bahwa “masih ada risiko yang sangat tinggi dari bahan radioaktif yang mungkin keluar.” Namun Perdana Menteri tetap menghimbau masyarakat untuk tetap tenang.

Selain itu, Pemerintah Jepang juga telah memberlakukan larangan terbang dalam zona radius 30 kilometer dari PLTN. Badan Energi Atom Internasional (AIEA) mengungkapkan bahwa tingkat radiasi di pabrik tersebut telah tercatat di level 167 kali dosis radiasi rata-rata tahunan. IAEA mengharapkan tingkat radiasi dapat turun dengan cepat. Namun kemudian IAEA melaporkan bahwa pada hari Senin di reaktor No.2 “mungkin telah mempengaruhi integritas kapal penahanan utama.”

Rabu, pagi ini, 16 Maret 2011, seorang pejabat Tokyo Electric Power sebagaimana dikutip CNN melaporkan api kedua dalam dua hari ditemukan dalam bangunan reaktor Fukushima Daiichi No.4. Api yang satu ini berada di sudut timur laut bangunan (CNN/iH1).

No comments yet.

Leave a Reply