Lombok Perlu Kembangkan Ekowisata [Sumbawanews]

Menurut wikipedia, ekowisata merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan.

Pulau lombok memiliki banyak tempat wisata alam yang indah seperti Pantai Senggigi, Pantai Kuta, Pantai Tanjung Aan, Pantai Mawun, Gunung Rinjani, Pantai Bangko-bangko, dll.

Namun sayangnya, menurut pengamatan idehijau.com ketika berkunjung ke lombok awal tahun 2011, potensi wisata alam tersebut selama ini belum dikelola secara maksimal, sehingga bisa memberikan manfaat kesejahteraan untuk masyarakat setempat.

Video berikut ini menggambarkan keindahan tempat-tempat wisata tersebut di Pulau Lombok yang diliput program “Melancong Yuk” SCTV.

“Lombok sebagai destinasi wisata harus mempunyai komitmen yang kuat untuk menjaga kelestarian alam. Dengan bentang alamnya yang indah, keanekaragaman hayati dan budayanya, Lombok dapat menjadi trendsetter dalam pengelolaan ekowisata di Indonesia. ” demikian menurut pelaku bisnis pariwisata, Sayit Abdul Karim, dalam tulisannya di sumbawanews.com 29/12/2008.

Sayit dalam tulisannya juga menandaskan, “Industri pariwisata dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah tujuan wisata. Model pengembangannya harus ramah lingkungan dan memberdayakan masyarakat lokal secara sosial, ekonomi, dan budaya. Perpaduan antara pemanfaatan dan perbaikan sumber daya alam perlu dipertimbangkan, agar generasi yang akan datang masih dapat merasakan nikmatnya dunia pariwisata Lombok”.

Sementara itu, Armin Subhani, dalam blognya (stkipselong.blogspot.com) menyatakan, “Lombok Timur sebagai kabupaten yang memiliki banyak potensi wisata alam, budaya, atau minat khusus lainnya, menjadikan kabupaten ini mempunyai peluang besar mengembangkan ekoturisme.”

Menurut Armin, bila Kabupaten Lombok Timur akan mengelola potensi yang ada dengan konsep ekowisata, harus dilakukan delapan langkah berikut, yaitu: (1) Memiliki daerah khusus alami agar wisatawan bisa menikmati secara person dan berinteraksi langsung dengan alam, (2) Menyediakan jasa pendidikan bagi wisatawan terkait wisata alam agar mampu dan lebih engapresiasikan dan lebih menikmati daerah yang telah dikhususkan tadi, (3) Menyediakan kegiatan terbaik yang dapat dilakukan untuk keberlanjutan lingkungan, (4) Memberikan kontribusi terhadap konservasi alam dan warisan budaya, (5) Memberikan kontribusi kontinyu terhadap masyarakat local, (6) Menghargai serta peka terhadap nilai-nilai budaya yang ada, (7) Konsisten memenuhi harapan konsumen, (8) Dipromosikan dengan jujur sehingga harapa sesuai dengan kenyataan(IH1).

No comments yet.

Leave a Reply