Cek Radiasi di Sekolah dan Taman Bermain Fukushima [BBC Indonesia]

Otoritas di Fukushima Jepang telah mulai program darurat untuk mengukur tingkat radiasi di lokasi-lokasi sekolah.

Menurut kantor berita Kyodo lebih dari 1400 sekolah dan kelompok bermain balita akan dites selama dua hari hingga Kamis (07/04).

Sejumlah orang tua khawatir mengikuti pemberitaan di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima, yang rusak parah akibat gempa dan tsunami bulan lalu.

Meski menurut pejabat di Jepang tidak ada resiko radiasi terhadap murid-murid sekolah ini sejauh lokasi mereka 30 kilometer dari lokasi pembangkit, namun pemeriksaan tetap dilakukan.

Orang tua di sekolah-sekolah ini minta agar pengelola sekolah untuk memastikan apakah anak mereka aman berhalan ke sekolah atau bermain didalamnya sejak tahun ajaran baru mulai 1 April lalu.

Sementara itu kondisi yang terus memburuk di pembangkit daiichi di Fukushima membuat harga saham perusahaan kelistrikan terus menurun di Indeks Nikkei.

Nilai saham pengelola Pembangkit Daiichi Fukushima, Tokyo Electric Power atau Tepco, anjlok ke titik terendahnya.

Sumber: http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia/2011/04/110405_fukushimashools.shtml

 

About Arief Rustandi

Sarjana Ilmu Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Bandung. Memiliki minat pada dunia jurnalistik, lingkungan hidup, pendidikan serta olahraga. Arief juga aktif sebagai Associate Researcher di ECOTAS GROUP Indonesia.
No comments yet.

Leave a Reply