Jepang Kembangkan Jam Atom Paling Akurat [Tempo]

TEMPO Interaktif, Jakarta – Jam atom baru yang diklaim paling akurat yang pernah dibuat telah dikembangkan oleh tim ahli Jepang.

Jam atom itu sangat sensitif sehingga dapat mendeteksi perubahan gravitasi Bumi dan memungkinkan para ilmuwan untuk mengukur waktu hingga 17 digit.

Dia juga akan secara dramatis meningkatkan sistem pelacakan GPS dan akan dapat mendeteksi perbedaan ketinggian sekecil 10 cm.

Tim Jepang mengatakan temuan ini akan menjadi langkah maju yang signifikan karena menjadi salah satu alat ukur yang paling akurat yang pernah dibuat.

Jam atom digunakan untuk menetapkan Waktu Atom Internasional atau Universal Time Coordinated, yang berbeda tetapi lebih tepat dari Greenwich Mean Time.

Selama bertahun-tahun, jam atom pun akan kehilangan keakuratan dan harus disesuaikan untuk menebus kehilangan pecahan detik.

Hal ini terjadi karena “Dick effect”, ketika suara yang tidak diinginkan dari laser jam menyebabkannya kehilangan jejak.

Jam optik ini dapat menghindari hal itu dan jauh lebih stabil sehingga tidak perlu sering disesuaikan.

DAILY MAIL | ERWIN Z

Sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek/2011/04/05/brk,20110405-325384,id.html

About Arief Rustandi

Sarjana Ilmu Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Bandung. Memiliki minat pada dunia jurnalistik, lingkungan hidup, pendidikan serta olahraga. Arief juga aktif sebagai Associate Researcher di ECOTAS GROUP Indonesia.
No comments yet.

Leave a Reply