Makan Sehat dan Menghasilkan Uang dengan Aquaponics

Selain mudah dikerjakan dan ramah lingkungan, berkebun dengan sistem aquaponic bisa memberikan Anda dan juga keluarga Anda makanan yang sehat. Di masa depan, memiliki kebun aquaponic akan menjadi biasa bagi setiap keluarga, dimana Anda dapat memproduksi sendiri makanan organik segar. Sehingga Anda tidak perlu membelinya ke toko yang harganya mahal dan mengandung kimia tinggi sehingga cepat busuk.

Aquaponic memberikan Anda kemudahan untuk mendapatkan makanan hijau yang sehat, karena Anda memproduksinya sendiri dengan sistem yang dirancang sendiri. Selain itu Aquaponic juga tidak membutuhkan banyak tenaga kerja, pemeliharaan mudah, waktu bebas, dan menghasilkan uang. Sehingga berkebun dengan sistem aquaponic sangat ramah lingkungan dan akan menjadi solusi ekonomi yang bijaksana.

Sistem berkebun Aquaponics menggabungkan sistem aquaculture (budidaya) dengan hydroponics (hidroponik). Budidaya di sini adalah pengembangan ikan dan kehidupan laut lainnya sebagai penunjang tanaman, sedangkan hidroponik adalah peningkatan tanaman tanpa unsur tanah. Sistem berkebun Aquaponics menggunakan limbah ikan yang kaya nutrisi, untuk menyediakan makanan dan daya tumbuh sayuran, buah-buahan, dan tanaman lainnya.

Anda dapat membuat kebun aquaponics yang hasilnya dapat dikonsumsi oleh sendiri, keluarga, atau bahkan dijual sebagai penghasilan tambahan. Kebun Aquaponics adalah cara mudah untuk menghasilkan tumbuhan organik yang tidak mengenal musim. Modal investasi yang diperlukan pun kecil tapi bisa menghasilkan margin keuntungan yang tinggi.

Berkebun Aquaponic tidak ada biaya khusus untuk pestisida atau pupuk. Bahkan jika Anda menggunakan bahan kimia sebagai pupuk, berarti Anda telah merusak ekosistem. Anda pun tidak memerlukan lahan luas, cukup saja dengan menggunakan halaman rumah. Ketika waktunya panen Anda tidak memerlukan banyak tenaga kerja, bisa dilakukan sendiri.

Produk organik tersebut jika kita pintar memasarkannya bisa dijual dan menghasilkan uang. Promosikan kebun aquaponics Anda dengan iklan di sisi jalan yang menarik perhatian orang, koran lokal, jaringan sosial, dan situs web agar membantu Anda menghasilkan uang. Jika dihitung rasio laba kebun Aquaponic dengan iklan seperti ini akan lebih besar dibandingkan toko-toko penjual sayuran/buah-buahan karena mereka harus mempekerjakan karyawan dan mengimpor produk. Ini berarti Anda akan mendapatkan harga yang kompetitif dengan sistem pemasaran yang efektif.

Dengan menunjukkan kepada orang lain apa yang telah Anda lakukan untuk kepentingan ekonomi, lingkungan, dan masa depan, berarti Anda menginspirasi orang lain untuk memulai mengkonsumsi makan sehat, melakukan diet, atau bahkan mulai membuat kebun Aquaponics sendiri. Makanan sehat dan hijau sangat penting bagi masa depan semua orang, dan berkebun Aquaponic berarti Anda menunjukkan komitmen terhadap hal tersebut. Anda juga bisa memanfaatkan kampanye “cinta produk lokal” dan “selamatkan lingkungan” sebagai bentuk pemasaran yang cerdas.

Inilah yang menunjukkan mengapa revolusi makanan aquaponics berkembang cukup pesat. Selain perawatan yang mudah, biaya investasi rendah, terhadap bumi dan ekosistem juga ramah. Tunggu apalagi, mulailah Anda melakukannya sekarang! (iH2).

Sumber: http://technorati.com/lifestyle/green/article/eat-well-and-make-money-with/page1-2/ posted by Denise Clarke dirangkum dan diterjemahkan oleh Arief Rustandy.

About Arief Rustandi

Sarjana Ilmu Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Bandung. Memiliki minat pada dunia jurnalistik, lingkungan hidup, pendidikan serta olahraga. Arief juga aktif sebagai Associate Researcher di ECOTAS GROUP Indonesia.
No comments yet.

Leave a Reply