Arbor Day, Selamatkan Lingkungan dengan Menanam Pohon

Arbor Day (Hari Arbor) adalah sebuah momentum perayaan yang diadakan untuk mendorong penanaman dan perawatan pohon. Arbor Day Didirikan oleh J. Sterling Morton pada tahun 1872, dan biasa dirayakan pada hari Jumat terakhir setiap bulan April. Hari ini, Jum’at 29 April 2011 Arbor Day kembali dirayakan, terutama di Amerika Serikat, dengan tujuan menggalakan penanaman pohon di seluruh dunia.

Meskipun telah ada sejak 139 tahun lalu, banyak orang tidak tahu banyak tentang hal itu. Menurut Survei Timberland, hanya 12 persen orang Amerika yang benar-benar tahu secara signifikan tentang Hari Arbor. Sedangkan 30 persen lainnya, mengetahui Hari Arbor tapi tidak tahu tujuannya, dan 76 persen benar-benar tidak tahu apa itu Hari Arbor.

Timberland telah menjadikan Hari Arbor sebagai momentum penanaman lebih dari satu juta pohon di seluruh dunia, dan berjanji untuk menanam 5 juta lebih pohon selama lima tahun ke depan. Timberland juga telah meluncurkan Aplikasi Virtual tentang hutan (virtual forest) di Facebook. Silahkan Anda Log on untuk melihat rencana penanaman pohon virtual tersebut, dan di sana akan muncul rencana Timberland yang akan menanam satu juta pohon di Haiti.

Jika Anda bertanya-tanya apakah penanaman pohon bisa dijadikan sebagai lahan usaha? Enterprise Rent-a-Car Foundation, yang merupakan pencetus penanaman 50 juta pohon lebih dalam kurun waktu 50 tahun di hutan nasional Amerika Serikat dan juga dunia, mengumpulkan beberapa fakta tentang manfaat menanam pohon, diantaranya:

  • Satu juta pohon dapat menghasilkan 162 milyar US$ yang senilai dengan manfaat lingkungan lebih dari 50 tahun. (Sumber: USDA Forest Service).
  • Satu juta pohon dapat menyerap 1 juta ton CO2 selama masa hidup pohon. (Sumber: Carbon Day).
  • Satu juta pohon dapat membantu mengembalikan habitat ratusan spesies hewan, yang kini banyak terancam atau hampir punah. (Sumber: Arbor Day Foundation).
  • Satu juta pohon dapat menyediakan oksigen untuk 4 juta orang dalam satu hari. (Sumber: Tree Canada Foundation).

Seperti halnya Timberland, Enterprise Rent-a-Car Foundation membantu orang-orang yang cinta bumi untuk mengambil bagian dalam Hari Arbor untuk menanam pohon (hingga 50.000 pohon). Termasuk juga untuk para penggemar Enterprise Facebook yang berkomitmen untuk menanam pohon mereka sendiri.

Momentum ini mungkin akan lebih baik, jika Anda bisa langsung terlibat dalam Hari Arbor dengan memegang sekop dan mulai menanam pohon di lingkungan Anda sendiri. (iH2).

Sumber: http://environment.about.com/b/2011/04/29/celebrate-arbor-day.htm posted by  Larry West dirangkum dan diterjemahkan oleh Arief Rustandy.

About Arief Rustandi

Sarjana Ilmu Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Bandung. Memiliki minat pada dunia jurnalistik, lingkungan hidup, pendidikan serta olahraga. Arief juga aktif sebagai Associate Researcher di ECOTAS GROUP Indonesia.
No comments yet.

Leave a Reply