Makan Selai Kacang dan Jelly bisa Selamatkan Lingkungan?

Ingin mencari cara kecil untuk membuat perbedaan besar bagi lingkungan? Mulailah membuat sendiri peanut butter and jelly sandwich (PB&J Sandwich) atau selai kacang dan jelly sandwich. Lho kok bisa?

Dalam kampanyenya, anggota penggemar PB&J Sandwich mengatakan, “Anda tidak perlu mengubah diet Anda untuk mengubah seluruh dunia. Hanya mulai dengan makan siang.” Maksud mereka adalah jika Anda makan siang, makanlah makanan nabati seperti selai kacang dan jelly sandwich, burrito kacang, cabe vegetarian, atau salad. Selain lezat, makanan tersebut lebih baik daripada makanan hewani seperti hamburger, tuna atau roti keju panggang, ikan dan keripik, atau nugget ayam. akan menghemat air, melestarikan tanah dan pemanasan global yang lambat.

Bagaimana Makan PB&J Sandwich bisa Memperlambat Pemanasan Global

Setiap kali Anda makan selai kacang dan jelly sandwich atau makanan nabati lainnya, bukan daging merah, seperti hamburger, Anda menyimpan setara dengan hampir 3,5 pon emisi gas rumah kaca. Di Amerika, makan makanan berbasis tumbuhan saat makan siang, rata-rata masih menghemat 2,5 pon karbon dioksida dan gas rumah kaca. Itu sama dengan menghemat sekitar 40 persen dari karbon Anda saat mengendarai kendaraan hybrid, bukan mobil standar.

Bagaimana Makan PB&J Sandwich bisa Menghemat Air

Tanaman untuk makanan membutuhkan air jauh lebih sedikit daripada memelihara hewan. Sebagai hasilnya, setiap kali Anda mengganti makanan hewani seperti hamburger dengan makanan nabati seperti selai kacang dan jelly sandwich atau lainnya, berarti Anda menyimpan sekitar 280 galon air. Jika Anda makan PB&J Sandwich tiga kali dalam sebulan misalnya, berarti Anda dapat menyimpan air sebanyak yang biasa Anda gunakan dari kran mandi.

Bagaimana Makan PB & J Sandwich bisa Menyimpan Tanah

Budidaya hewan untuk makanan membutuhkan banyak ruang. Misalnya, produk hewani memerlukan 6-17 kali luas tanah dibanding dengan tanaman kedelai untuk menghasilkan jumlah protein yang sama. Makan makanan berbasis tumbuhan seperti selai kacang dan jelly sandwich bukan hamburger, sandwich ham, atau makanan hewani lainnya, berarti menghemat sekitar 12-50 kaki tanah persegi dari deforestasi, ladang ternak, pupuk, dan polusi pestisida.

Bagaimana Makan PB & J Sandwich bisa Membantu Lingkungan

Dengan makan lebih dalam rantai makanan dari tumbuhan, bukan hewan, berarti Anda juga mengkonsumsi lebih sedikit sumberdaya. Mengapa? Karena, pada dasarnya, apapun yang Anda makan berasal dari tanaman. Anda bisa makan tanaman langsung dalam bentuk buah-buahan, sayuran dan produk tanaman lainnya, atau tidak langsung setelah tumbuhan dikonversi menjadi makanan hewani menjadi daging, susu, mentega telur, dan keju.

Masalahnya hewan sangat tidak efisien jika dijadikan pabrik makanan hidup yang mengubah tumbuhan menjadi makanan manusia. Hewan memakan sebagian besar tanaman untuk menghasilkan energi yang mereka butuhkan agar tetap hidup. Sebagai bagian dari rantai makanan Anda, setiap sapi, babi dan ayam harus makan lebih banyak protein, karbohidrat dan nutrisi lain agar tetap sehat dan layak konsumsi. Akibatnya, dibutuhkan beberapa kilo tanaman untuk memproduksi satu pon daging sapi, daging babi, ayam, telur atau susu. Tak pelak lagi, ini berarti juga membutuhkan lebih banyak tanah, air dan bahan bakar untuk memproduksi satu pon daging, susu atau telur dibandingkan untuk memproduksi satu pon tanaman konsumsi.

Dalam konteks ini, menurut Kampanye PB&J Sandwich bahwa air yang diperlukan untuk menghasilkan daging sapi dalam satu hamburger, dapat menumbuhkan kacang tanah untuk 17 selai kacang dan jelly sandwich. Dan tanah yang dibutuhkan untuk sebuah pastel daging sapi pada roti Anda, dapat menghasilkan kacang tanah yang cukup untuk 19 kali makan siang dengan PB&J Sandwich.

Pada dasarnya, ini semua bermuara pada kekuatan Anda sebagai konsumen. Setiap kali Anda di restoran memilih hamburger, omelet atau roti keju, berarti Anda meminta restoran tersebut untuk menyediakan lebih banyak daging, telur dan produk susu. Namun dengan memilih makanan nabati, berarti Anda meminta restoran untuk lebih efisien dalam penggunaan sumber daya. Pesan Anda memang tidak terucapkan, namun jelas meminta restoran setempat untuk menyampaikannya kepada distributor daging dan juga petani.

Ingin berbuat lebih banyak? Berbagilah informasi ini dengan rekan kerja, teman-teman dan anggota keluarga, dorong mereka untuk segera melakukannya. Dorong sekolah atau kafetaria kantor, dan restoran lokal Anda, untuk menawarkan lebih banyak hidangan nabati. Percaya atau tidak hal ini bisa menghitung kontribusi positif Anda terhadap lingkungan. (iH2).

Sumber: http://environment.about.com/od/greenlivinginthekitchen/a/peanut_butter.htm Posted By Larry West. Dirangkum dan diterjemahkan oleh Arief Rustandy.

About Arief Rustandi

Sarjana Ilmu Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Bandung. Memiliki minat pada dunia jurnalistik, lingkungan hidup, pendidikan serta olahraga. Arief juga aktif sebagai Associate Researcher di ECOTAS GROUP Indonesia.
No comments yet.

Leave a Reply