Mengapa Banyak Tornado Menghantam AS Bulan Ini?

AS telah mengalami dua kejadian angin tornado pada bulan ini, yaitu Antara 14 dan 16 April 2011. Badai menyapu beberapa negara bagian, dan North Carolina adalah yang paling parah. New Scientist menjelaskan, bahwa dalam beberapa hari terakhir gelombang baru telah menyerang. Gubernur Alabama Robert Bentley mengatakan bahwa hari ini 131 orang dikonfirmasi tewas di negara bagian, dan jumlah ini diperkirakan akan meningkat.

Berapa banyak tornado yang telah menerjang selama ini? Ada mungkin 600 kali pada bulan April, menurut Harold Brooks dari National Severe Storms Laboratory (NSSL) in Norman, Oklahoma. Dan itu adalah bulan terbanyak yang tercatat sejak Tahun 1950.

Apa yang menyebabkan tornado begitu gencar? Tornado terbentuk akibat udara dingin yang diam di atas udara hangat dan lembab, yang kemudian tertiup angin ke arah yang berbeda dengan ketinggian yang berbeda, sehingga membuat gaya geser yang kuat. “Satu hal yang pasti, angin bertiup seperti aliran jet yang kuat, terutama jika datang dari barat atau tenggara di atas pegunungan Rocky.” kata Brooks.

Itulah apa yang telah terjadi sepanjang bulan April. Tornado telah “mencelupkan” wilayah selatan dan tenggara AS dan mengirim rangkaian badai ke negara-negara bagian di selatan selama minggu-minggu terakhir ini. Menurut Brooks, kondisi ini seperti pola berkelanjutan yang terjadi hanya dua atau tiga kali dalam satu abad.

Apakah ini sudah berakhir? Menurut ramalan NSSL’s badai tornado kemungkinan akan tenang selama beberapa hari ke depan karena udara yang hangat dan lembab di selatan negara bagian mulai bergerak menjauh dan kondisi ini menjadi kurang menguntungkan untuk tornado. Tetapi NSSL’s tidak tahu apa yang akan terjadi minggu depan: karena model yang berbeda akan memprediksi hasil yang berbeda pula.

Apakah perubahan iklim harus disalahkan? Tidak ada model untuk mengetahuinya dengan pasti. Ada pernyataan bahwa perubahan iklim mengakibatkan jumlah tornado meningkat selama beberapa dekade terakhir. Tetapi pernyataan ini kurang dapat diandalkan sehingga kita tidak bisa yakin. “Beberapa hal yang menjadi pemicu meningkatnya badai tornado ada di wilayah yang mengalami pemanasan, sedangkan di wilayah lainnya akan berkurang,” kata Brooks. Namun siapa yang bisa mencari jalan keluar dan menebak terjadinya tornado? Walaahu alam! (iH2).

Sumber: http://www.newscientist.com/article/dn20431-why-have-so-many-tornadoes-hit-the-us-this-month.html Posted By Michael Marshall, dirangkum dan diterjemahkan oleh Arief Rustandy.

About Arief Rustandi

Sarjana Ilmu Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Bandung. Memiliki minat pada dunia jurnalistik, lingkungan hidup, pendidikan serta olahraga. Arief juga aktif sebagai Associate Researcher di ECOTAS GROUP Indonesia.
No comments yet.

Leave a Reply