Lestarikan Keanekaragaman Hayati [Antara News]

Jakarta (ANTARA News) – Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta mengharapkan semua pihak turut serta berkomitmen dalam pelestarian dan pemanfaatan keberlanjutan keanekaragaman hayati serta pembagian keuntungan yang adil dan merata untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap, adanya komitmen dari semua pihak untuk turut serta dalam pelestarian dan pemanfaatan berkelanjutan keanekaragaman hayati,” kata Gusti Muhammad Hatta di Jakarta, Minggu, sehubungan dengan Hari Keanekaragaman Hayati 2011.

Hari Keanekaragaman Hayati yang diperingati setiap 22 Mei, kali ini mengangkat tema “Keanekaragaman Hayati Hutan” karena disadari hutan memiliki nilai yang sangat penting bagi kehidupan manusia.

Hutan sebagai sumber penyedia keanekaragaman hayati tertinggi tidak hanya menyimpan sumber daya alam berupa kayu, tetapi juga berfungsi dan mempunyai peranan penting dalam berbagai hal seperti penyedia sumber air, penghasil oksigen, tempat hidup berjuta flora dan fauna, dan penyeimbang lingkungan, serta mencegah timbulnya pemanasan global.

Hutan memiliki lebih dari 5.000 produk, mulai dari minyak yang diolah dari daun yang digunakan sebagai obat-obatan herbal, bahan bakar, pangan, furnitur dan pakaian, mencegah erosi tanah dan membantu mengatur iklim, menyediakan air bersih, serta penting untuk kelangsungan hidup dan kesejahteraan rakyat diseluruh dunia.

“Mempertahankan kekayaan keanekaragaman hayati hutan akan membantu kita untuk menghadapi krisis iklim, mengurangi kemiskinan, mendukung kesehatan manusia, dan mewariskan dengan keindahan hutan seperti yang masih kita nikmati hari ini kepada anak dan cucu kita,” katanya.

Berdasarkan hasil pengukuran taksonomi pada 2007, keragaman spesies tumbuhan tinggi Indonesia yang telah terekam dan dipertelakan hingga saat ini adalah 31.746 spesies. (Antara/IH6).

No comments yet.

Leave a Reply