WWF Ajak Masyarakat Bijak Konsumsi Ikan [Antara News]

Manado (ANTARA News) – World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia mengajak masyarakat di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), untuk bijak memilih ikan mana yang akan dikonsumsi.

“Upaya yang dilakukan WWF ini bertujuan mendorong konsumen mengenal gagasan hidangan laut lestari, karena itu hendaknya memilih ikan yang berkelanjutan agar tidak habis dikonsumsi,” kata Direktur Marketing dan Komunikasi WWF-Indonesia, Devry Suradji, dalam kampanye “Bijak Memilih Seafood” di Manado, Senin.

Devry mengatakan, dengan potensi hasil laut yang tinggi, maka pengelolaan dan pola konsumsi terhadap komoditas berkelanjutan justru sangat diperlukan guna menjaga ketersediaan sumber daya tersebut pada kemudian hari.

“WWF tidak melarang masyarakat makan ikan (seafood) yang menjadi menu kesukaan, tetapi konsumen harus memilih mana seafood yang ketersediaannya dalam jangka panjang terjamin,” kata Devry.

Menurut Devry, berdasarkan data Pusat Riset Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) 2010, 55 persen sumberda daya ikan di Indonesia sudah berstatus “over-exploited”, 24 persen “moderate-exploited” dan 21 persen belum terindentifikasi,” kata Devry.(Antara/iH6)

No comments yet.

Leave a Reply