Ekonomi Hijau; Apakah termasuk anda di dalamnya ?

Green Economy;  Does it include you ?” atau Ekonomi hijau; apakah termasuk anda di dalamnya ?  Itulah pesan yang diusung oleh UNEP (Program Lingkungan Hidup Perserikatan Bangsa-bangsa”) dalam peringatan hari lingkungan sedunia tahun 2012 ini, yang jatuh setiap tanggal 5 Juni.

Apakah itu green economy atau kalau diterjemahkan “ekonomi hijau” ? UNEP sendiri menggambarkan ekonomi hijau sebagai ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan manusia dan masyarakat, dan secara signifikan juga mengurangi resiko lingkungan dan kerusakan ekologi.

Dalam pengertian yang sederhana, ekonomi hijau adalah ekonomi rendah karbon, hemat sumber daya dan bermanfaat bagi banyak orang.

Dalam ekonomi hijau pertumbuhan dan peningkatan pendapatan dan lapangan kerja digerakan oleh sektor publik dan swasta yang berinvestasi pada pengurangan emisi karbon dan polusi, investasi untuk meningkatkan penghematan energi dan sumber daya serta mencegah kehilangan keanekaragaman hayati dan jasa lingkungan.

Dalam laporan terbarunya tahun 2011 yang berjudul “Towards a Green Economy: Pathways to Sustainable Development and Poverty Eradication,” para pakar UNEP berkesimpulan bahwa ekonomi hijau dapat dicapai dengan pola hidup yang kembali ke alam. Artinya pola hidup yang lebih menghargai jasa ekosistem. Hal tersebut selain menyelamatkan lingkungan, juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin di pedesaan. Pertanian ramah lingkungan dengan menerapkan sistem pertanian organik juga dapat meningkatkan pendapatan petani dan menyelamatkan lingkungan. Peningkatan akses air bersih dan peningkatan penggunaan energi terbarukan seperti energi surya, biomassa dsb juga disarankan.

Dalam ekonomi hijau ekonomi hijau, energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan seperti di atas, selain dapat berkontribusi bagi pengurangan emisi gas rumah kaca, menciptakan lapangan kerja juga mengurangi ketergantungan pada impor energi.

Langkah lainnya yang dapat diterapkan misalnya  melakukan penghematan energi dan sumber daya lainnya sehingga dapat membantu mengatasai masalah sampah dan transportasi.

Apakah kita termasuk di dalamnya ? ya tentu saja. Keberhasilan ekonomi hijau ditentukan oleh dukungan pemerintah, bisnis, organisasi lingkungan dan masyarakat serta individu, termasuk kita.

No comments yet.

Leave a Reply