Menengok Beruang Madu di Kalimantan

Kali ini Idehijau berkesempatan menengok  hewan langka yang dilindungi di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH), Kota Balikpapan. Kawasan wisata pendidikan ini terletak di Km.23 Jalan raya Balikpapan-Samarinda. Apabila anda menuju Samarinda dari Balikpapan, lokasinya berada di sebelah kanan anda.

Kawasan ini merupakan kawasan konservasi Beruang Madu (Helarctos Malayanus) . Hewan ini tergolong salah satu satwa yang dilindungi didunia.

Enclosure Beruang Madu di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) yang menempati area seluas 1.3 ha. ini dirancang sedemikian rupa agar mendekati kondisi habitat yang sesungguhnya.

Menurut petugas, KWPLH memiliki 6 (enam) ekor beruang madu yang kesemuanya merupakan beruang yang pernah ditangkap dan dikomersialisasikan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Selain enclosure beruang madu, Obyek wisata ini juga dilengkapi dengan pusat informasi beruang yang didesain khusus untuk membantu pengunjung, termasuk anak-anak, memahami beruang madu dan juga jenis-jenis beruang lain yang ada di dunia. Selain itu, petugas yang ada juga bisa membantu memberikan penjelasan kepada pengunjung untuk memahami seluk beluk beruang madu ini. Mulai dari makanan, perkembangbiakan dan masalah pelestariannya.

Agar bisa melihat beruang secara langsung, kita harus sudah berada di menara intai beberapa menit sebelum pukul 09.00 pagi (Wita) atau pukul 15.00 (Wita). Ingat ya, waktu dibalikpapan 1 jam lebih awal dari waktu Jakarta.

Pengunjung tidak dipungut tarif khusus untuk masuk ke lokasi wisata ini, tapi disediakan kotak sumbangan yang dapat diisi sesuai kerelaan dari pengunjung. Menurut pengamatan idehijau.com, tempat ini dikelola dengan cukup baik sehingga layak dikunjungi sebagai salah satu alternatif tempat wisata anda bersama keluarga.

No comments yet.

Leave a Reply