2 Jenis Pentil Ban Sepeda yang Perlu Anda Ketahui

Ilustrasi (MorgueFile)

Ilustrasi (MorgueFile)

Diantara pengguna sepeda yang pertama kali mau memompa sepedanya mungkin sempat bingung dengan pentil sepedanya karena tidak sesuai dengan pompanya. Jangan sampai hal ini membuat anda mengurungkan niat untuk berpola hidup ramah lingkungan dengan menggunakan sepeda.

Ini yang perlu anda ketahui. Pentil ban sepeda yang umum digunakan di Indonesia ada dua jenis yaitu pentil Presta dengan ukuran kepala kecil dan Pentil Scharder dengan ukuran kepala besar. Perbedaan diantara keduanya memerlukan trik khusus dalam hal memompa ban sepeda.

Pentil Presta (Kecil)

Pentil versi Presta umumnya digunakan di Eropa dan memang dirancang khusus untuk ban sepeda. Berikut ini adalah gambar pentil sepeda jenis presta.

Pentil Jenis Presta

Pentil Jenis Presta (sheldonbrown.com)

Pentil Presta tidak mengunakan per untuk menguncinya tetapi mengunakan sistem baut untuk menutup ban secara manual agar katup tertutup lebih kuat. Ketika ingin mengisi angin ke dalam ban harus ada angin yang keluar dari ban, karena tidak mengunakan per dan pentil harus ditekan sebelum memasukan angin.

Pentil Schrader (Besar)

Pentil versi Schrader disebut juga ANSI mengikuti standar Amerika. Pentil jenis Schrader sama seperti pentil yang digunakan untuk kendaraan bermotor dan mengunakan sistem per sebagai penahan angin pada katup. Berikut ini adalah gambar pentil jenis schrader.

Pentil jenis schrader (sheldenbrown.com)

Pentil jenis schrader (sheldenbrown.com)

Pentil jenis ini umumnya lebih mudah kempes, dan ban sepeda harus di pompa kembali secara berkala. Meskipun awalnya dipakai untuk kendaraan bermotor namun sekarang sudah banyak digunakan untuk ban sepeda. Dibanding pentil presta, ketika mengisi angin hanya sedikit angin yang keluar dari pentil, dan tekanan pada per akan dilakukan oleh katup pompa.

Sesuaikan Jenis Pompa

Nah setelah anda mengetahui jenis pentil ban sepeda anda, selanjutnya anda tinggal menyesuaikan jenis pompa yang akan digunakan. Atau bisa juga menggunakan Pompa sepeda yang bisa digunakan ban sepeda dengan pentil kecil maupun pentil besar (multiguna). Harga pompa seperti ini dipasaran sekitar Rp. 50.000 sampai Rp.100.000. Tentunya tergantung merek dan kualitasnya.  Selain itu anda juga bisa menggunakan adaptor pentil presta menjadi schrader. Harganya dipasaran sekitar  Rp. 10.000 – Rp. 15. 000.

Selamat memompa sepeda ya dan tetap semangat dengan gaya hidup ramah lingkungannya.

No comments yet.

Leave a Reply