Wednesday, October 5, 2022
Advertisement
Home Berita Belasan Wartawan Ambon Teliti Kawasan TN Manusela

Belasan Wartawan Ambon Teliti Kawasan TN Manusela [Antara News]

22
0

Ambon (ANTARA News) – Belasan wartawan media cetak dan elektronik di Ambon mulai turun lapangan untuk memantau dan meneliti kondisi terakhir Taman Nasional (TN) Manusela, di Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah.

Direktur Perkumpulan Telapak (salah satu organisasi yang tergabung dalam Colupsia), Ridzki Rinanto Sigit, di Ambon, Kamis, mengatakan, 15 wartawan dilibatkan untuk melakukan pemantauan dan penelitian selama tiga hari terhadap kondisi kawasan TN Manusela.

“Penelitian akan dilakukan di empat lokasi yang merupakan daerah lingkar luar TN Manusela yakni di Desa Waraka, Seti, Tehoru serta Desa wisata Sawai,” katanya.

Selama tiga hari (19-21 Mei) para wartawan dari bergaia media itu akan berada di lokasi untuk menghimpun data tentang kondisi kawasan Hutan Manusela yang merupakan satu-satunya taman nasional di Maluku.

Para wartawan yang terlibat itu, sebelumnya telah mengikuti Workshop yang digelar Colupsia, salah satu lembaga independen yang peduli dengan masalah lingkungan untuk menyamakan persepsi dan masukan tentang kondisi TN Manusela, sebagai bagian dari advokasi yang akan dilakukan.

CoLUPSIA (Collaborative Land Use Planning and Sustainable Institutional Arrangement) merupakan kolaborasi organisasi-organisasi, lembaga riset dan perguruan tinggi yang memiliki kepedulian terhadap sumberdaya alam hayati diantaranya CIRAD, CIFOR, Telapak, HuMA, TOMA, dan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon.

Dia menandaskan, keterlibatan wartawan berbagai media itu untuk membangun kapasitas jurnalis dan media di Maluku, khususnya di Ambon terhadap isu-isu kunci pengelolaan sumberdaya alam, tata ruang, dan pemanfaatan jasa lingkungan khususnya pada kawasan ekosistem TN Manusela di Seram.

Kawasan TN Manusela di Pulau Seram merupakan salah satu kawasan konservasi penting di daratan dengan luas 189.000 hektar dan ditetapkan dengan SK No. 281/Kpts-VI/1997.(Antara/iH6)

Previous articleBrazil Ciptakan Kantor Guna Perangi Penggurunan Hutan [Antara News]
Next articleIkan Koan Bersihkan Eceng Gondok Danau Kerinci [Antara News]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here