Tuesday, February 7, 2023
Advertisement
Home Berita Elang Jawa di Tahura Terancam Punah

Elang Jawa di Tahura Terancam Punah [Antara News]

79
0

Malang (ANTARA News) – Populasi elang jawa (Spizaetus bartelsi) di Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo yang berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur, kian menipis dan terancam punah.

Chairman ProFauna Indonesia Rosek Nursahid di Malang Jumat mengatakan, hasil survei terakhir ProFauna Indonesia belum lama ini, jumlah elang jawa di Tahura menurun drastis, mencengangkan hanya tinggal 2 ekor.

“Tahun 1997 di Tahura masih ditemukan sedikitnya 6 ekor elang jawa dan saat ini tim survei ProFauna hanya bisa menjumpai 2 ekor saja,” katanya menambahkan.

Elang Jawa adalah satwa langka yang telah ditetapkan sebagai burung nasional pada tahun 1993 karena selain kelangkaannya, burung ini juga dianggap mirip dengan burung garuda yang menjadi lambang negara Indonesia.

Elang jawa juga masuk dalam daftar satwa yang dilindungi, sehigga penangkapan, perdagangan maupun pemeliharaannya dilarang oleh Undang-undang. Semua ini untuk memastikan agar elang jawa tetap lestari dihabitatnya.

Menurut Rosek, menurunnya kualitas habitat membuat populasi elang jawa kian menyusut. Elang jawa adalah burung pemburu berukuran besar (60 cm) yang hidup di hutan primer yang ada di Pulau Jawa.

Dalam rantai makanan, Elang jawa berposisi sebagai top predator yang memangsa burung-burung besar dan mamalia seperti ayam hutan, tupai, musang, jelarang dan kelelawar buah.(Antara/iH6)

Previous articleTak Beri Peringatan Dini, Ahli Gempa Diadili [Vivanews]
Next articlePenebangan 1.052 Pohon Masih Terganjal Izin [Berita Jakarta]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here