Saturday, November 26, 2022
Advertisement
Home Berita KLH Ancam Cabut Izin Perusahaan Pencemar Laut

KLH Ancam Cabut Izin Perusahaan Pencemar Laut [Antara News]

39
0

Dumai (ANTARA News) – PT Pasific Indo Palm yang terdaftar sebagai perusahaan modal asing (PMA) di Kota Dumai, Riau, bisa dicabut izin kelayakan operasinya bila terbukti sengaja melakukan pencemaran perairan,” kata Kepala Kantor Lingkungan Hidup setempat, H Basri.

“Namun semuanya tetap dengan cara dan aturan yang benar serta berlandaskan Undang-undang Rebuplik Indonesia,” kata Basri kepada ANTARA di Dumai, Minggu.

Dugaan pencemaran di wilayah perairan sekitar laut Dumai, tepatnya di lokasi industri PT Pasific Indo Palm yang berada di Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, kata Basri, merupakan kasus kejahatan lingkungan.

“Karena pada kasus pencemaran ini, biota laut terancam rusak dan punah. Sudah selayaknya mereka para perusahaan terutama PMA yang berada di Dumai diberikan sanksi tegas apabila terbukti melakukan pencemaran baik sengaja atau pun karena kelalaian,” ujarnya.

Pertama-tama, kata Basri, Kantor Lingkungan Hidup (KLH) akan memberikan surat teguran resmi.

Apabila tidak ada balasan, sambunya, maka akan dilayangkan surat kedua berbentuk “somatie”.

“Jika tidak juga `digubris`, maka kita akan melanjutkan kasus pencemaran ini lebih jauh. Tidak menutup kemungkinan kita juga akan mencabut izin perusahaan asing tersebut,” tuturnya.

Menurut Basri, tindakan PT Pasific Indo Palm merupakan suatu tindakan melanggar hukum yang dapat dijerat dengan Undang-undang 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan.

Pada Undang-undang ini, pelaku pencememaran yakni pihak pimpinan perusahaan selaku penanggungjawab, terancam hukuman kurungan penjara maksimal satu tahun penjara atau denda maksimal Rp500 juta.

“Nanti, apabila hasil pengujian sample perusahaan terbukti telah melakukan pencemaran berat, maka kita akan melanjutkannya.(Antara/iH6)

Previous articleDKP Sumbar Lepas 10.000 Ekor Penyu Setiap Tahun [Antara News]
Next articleIkan di California Tercemar Bahan Kimia [Antara News]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here