Saturday, November 26, 2022
Advertisement
Home Berita Ketika Hutan Menjadi Korban Sengketa Batas Wilayah

Ketika Hutan Menjadi Korban Sengketa Batas Wilayah [Antara News]

90
0

Kediri (ANTARA News) – Masalah sengketa batas wilayah di lokasi sekitar Gunung Kelud (1730 mdpl) antara Kabupaten Kediri dengan Blitar, Jawa Timur, memicu kerusakan hutan lindung di kawasan milik Perhutani, dengan ditemukannya tanaman hutan yang ditebang.

Adanya kerusakan hutan itu diungkapkan dari survei yang sudah dilakukan tim KPH (Kesatuan Pemangku Hutan) Kediri.

Jalur sepanjang 2 kilometer di hutan lindung kawasan KPH Kediri yang dibuat jalan rintisan menuju kawasan puncak Gunung Kelud yang terletak di perkebunan Margomulyo, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, itu, sudah rapi.

Ditemukan banyak pohon rusak di kawasan hutan yang biasa disebut rimba-rimba campur itu, yang terdiri dari berbagai kayu nonkomersil.

Jalur itu terlihat mengitari lokasi sekitar hutan menuju kawasan puncak Gunung Kelud, dengan mengepras bekas timbunan material Kelud. Jalur yang lebarnya hanya 1-1,5 meter itu juga sudah bisa dilewati kendaraan roda dua.

Tetapi, untuk sampai ke puncak, belum bisa dilakukan, karena jalur itu buntu di kaki Gunung Kelud, mengingat lokasi yang dibuat akses jalan di daerah bawah, sementara lokasi gunung di daerah perbukitan.(Antara/iH6)

Previous articleBanyak Pertambangan Tidak Perhatikan Lingkungan [Antara News]
Next articleKota Bitung Raih Adipura ke Lima [Antara News]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here